Sabtu, 06 April 2013

MEMBUAT IKAN GESEK MANIS, USAHA SAMBILAN NAMUN MENGUNTUNGKAN

GESEK MANIS menjadi favoriete satapan keluarga menengah ke atas. Ikan gesek yang banyak diminati di kota-kota besar di Indonesia. Namun jumlah pengrajin gesek manis ini masih terbilang langka. Karenanya usaha gesek manis slalu berhasil.
   Ikan yang baik untuk dibuat gesek manis banyak macamnya, mulai dari ikan lundu, tiga waja, layang, maupun ikan betotot kecil. Ikan jenis ini biasanya murah di pelelangan ikan karena tergolong ikan kelas murah. Anda dapat menawarnya semurah munkin karena dijual borongan.
   Ikan yang hendak dibuat gesek manis sebaiknya dipilih ikan yang tidak bersisik seperti misalnya ikan lundu karena ikan ini berkulit dan berdaging tebal walaupun diiris membelah ikan lebar.

Setelah diiris membelah dari punggung ikan, ikan dibersihkan dengan dicuci air tawar  terlebih dahulu sebelum diberi bumbu manis. Bumbu manis sangat sederhana yakni gula merah (jawa) ketumbar, garam dan sedikit bawang putih. Oleskan bumbu pada belahan ikan bagian dalam (bagian daging ) maksudnya agar bumbu meresap. Kemudian jemur hingga kering
    Biasanya utuk gesek manis kepala ikan sebelumnya dibuang untuk menyamarkan jnis ikan. meskipun pembeli ikan apa gesek manis ini.
     Setelah kering biarkan ikan-ikan ini terbuka untuk menghindari lembab karena bumbu. Perlu diketahui gesek manis tidak dijemur hingga kering sekali, tetapi cukup sampai ikan itu tidak seperti krupuk kalau digoreng.


   Harga ikan gesek manis biasa dijual perbuah/ekor, namun banyak juga menggunakan timbangan. Gesek manis memiliki aroma dan rasa tersendiri makanya harganya pun tersendiri, dan cukup mahal .
Bagi yang dekat dengan pelelangan kan atau nelayan, maka usaha membuat gesek manis dapat dilakukan, Pemasarannya pun mudah